‘Wajah Ganda’ Jokowi Kerek Gaji PNS Jelang Pilpres 2019

Yang menarik, kenaikan gaji abdi negara ini dilakukan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) April 2019 mendatang. Memang, tak ada salahnya mengingat kenaikan gaji sudah dianggarkan Kementerian Keuangan sejak tahun lalu.

Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengklaim seluruh aturan itu dirilis mantan gubernur DKI tersebut demi mencari simpati abdi negara agar kembali memilih Jokowi dalam pilpres. Apalagi, Jokowi juga menaikkan gaji kepala desa hingga ratusan persen.

“Yang paling aneh adalah kenaikan gaji kepala desa, untuk apa? Kepala desa itu kan paling dekat dengan masyarakat. Ini sengaja juga agar kepala desa bangga nih sama pak Jokowi,” tutur Uchok kepada CNN Indonesia, Rabu (20/3).

Padahal, sambung dia, jika memang pemerintah pro terhadap kesejahteraan rakyat, seharusnya yang dinaikkan signifikan adalah anggaran untuk bencana alam.

“Pas banjir bandang di Sentani saja kelihatan belum cepat. Pemerintah masih kelabakan, jadi lebih baik dananya untuk bencana saja. PNS pakai gaji yang kemarin juga masih bisa hidup,” terang Uchok.

Diketahui, banjir hebat melanda kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (16/3) kemarin. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bencana alam itu telah menewaskan total 89 orang dan membuat 74 orang lainnya masih hilang.