Warga Ini Sebut Kecebong di Depan Jokowi

Eramuslim – Seperti biasanya, setiap kunjungan kerja ke daerah, Presiden Joko Widodo selalu memberikan pertanyaan kepada peserta dan jika dijawab dengan benar maka akan diganjar hadiah sebuah sepeda.

Seperti dalam kunjungan di studio alam di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyodan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mantan Gubernur DKI tersebut juga memberikan hadiah sepeda kepada salah satu warga Dusun Gamplong. Yang beruntung adalah Mohammad Soleh.

Presiden RI ke-7 itu sebenarnya tidak berencana ingin membagi sepeda namun pada saat membacakan teks, dia menyebut salah nama dusun yang seharusnya Gamplong menjadi Gemplong. Warga pun kompak membenarkan sebutan yang salah tersebut, yang salah satunya adalah Soleh.

“Sini maju. Ini lihat di teks tulisannya Gemplong bukan Gamplong,” kata Jokowi kepada Soleh di Yogyakarta, Minggu 15 Juli 2018.

“Lha itu yang salah sekretarisnya Bapak,” kata Soleh menimpali omongan Jokowi.

 

Sesaat kemudian Jokowi menyuruh Soleh untuk kembali ke tempat duduknya, namun Soleh justru minta hadiah sepeda.

“Sepedanya mana Pak? Biasanya Bapak kasih pertanyaan nama ikan,” celoteh Soleh diiringi tawa tamu undangan yang hadir.

Tak ingin membuat kecewa, mantan Wali Kota Solo itu selanjutnya meminta Soleh untuk menyebutkan 10 nama ikan yang ada dan hidup di perairan Indonesia.

“Sudah sekarang sebutkan nama 10 ikan yang ada di Indonesia,” pinta Jokowi.