free hit counters
 

Manuskrip Kuno Bustanus Salatin Ungkap Nusantara Adalah Adi Daya di Masa Lampau

Redaksi – Sabtu, 5 Zulhijjah 1439 H / 18 Agustus 2018 18:50 WIB

Eramuslim.com – Hari ini kita seringkali kesulitan mencari data sejarah kondisi wilayah Nusantara sebelum masa penjajahan Belanda dan Portugis. Bagaimana kondisi ketika sebelum Portugis dan Belanda hadir di Nusantara dalam catatan sejarah Nasional kerap kali yang kita temukan selalu identik dengan keterbelakangan dan primitif.

Dan nampaknya hingga saat ini belum ada usaha dari pemerintah untuk secara serius membuka tabir gelap ini kepada masyarakat agar generasi ini mampu memahami kondisi yang sesungguhnya sebelum kaum kolonialis Belanda dan Portugis hadir di bumi Pertiwi ini.

Dan anehnya buku-buku sejarah Nasional yang diajarkan di sekolah-sekolah guna memahami kondisi Nusantara masa pra penjajahan justru buku-buku hasil tulisan sejarawan Belanda yang tak lain adalah bagian dari sang penjajah itu sendiri.

Adalah rancu bila kita bertanya tentang kondisi rumah kita sebelum kemalingan kepada maling yang telah jelas-jelas mencuri rumah kita. Tentunya sang maling akan mengelak dengan mengatakan tidak ada satu barangpun yang hilang dari rumah kita. Akan sulit bagi si maling untuk mengatakan secara jujur bahwa rumah kita telah kemalingan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Historia Terbaru

blog comments powered by Disqus