Al-Qaidah Serukan Jihad untuk Bebaskan Tanah Palestina

Tokoh al-Qaidah, Ayman al-Zawahiri yang dikenal sebagai tangan kanan Usamah bin Ladin muncul lagi dalam rekaman video. Ia menyerukan jihad untuk membebaskan tanah Palestina.

Rekaman video itu ditayangkan oleh stasiun televisi al-Jazeera, Rabu (20/12). al-Zawahiri dalam rekaman itu mengatakan, wilayah-wilayah Palestina yang masih diduduki Israel akan dibebaskan lewat jihad, bukan lewat pemilu.

"Cara apapun kecuali jihad, hanya akan mengalami kekalahan," kata al-Zawahiri.

Ia menyambung, "Mereka yang berusaha membebaskan tanah Islam lewat pemilu atas dasar konstitusi sekuler atau atas dasar keputusan untuk menyerahkan Palestina pada Yahudi, tidak akan memenangkan kehendak rakyat Palestina."

Belum jelas kapan video itu direkam. Tapi rekaman video itu muncul pada saat yang sensitif, di tengah situasi tegang di Palestina akibat pertikaian faksi Fatah dan Hamas, serta seruan percepatan pemilu oleh Presiden Mahmud Abbas.

Lebih lanjut al-Zawahiri dalam video tersebut mengatakan,"Menerima legitimasi Mahmud Abbas, pemimpin otoritas nasional, orangnya Amerika di Palestina, dan memberikan mandat pada PLO yang mengakui Israel dan mau bernegosiasi dengan Israel adalah sebuah neraka yang pada akhirnya akan mengarah pada hilangnya jihad dan pengakuan terhadap Israel." (ln/aljz)