Bintang Sepakbola Eropa Solidaritas Untuk Gaza, dan Kecam Israel

Sejumlah bintang sepakbola di Liga Eropa mengajukan petisi untuk mencabut hak Israel menjadi tuan rumah dalam turnamen besar Eropa tahun depan, setelah agresi di jalur Gaza beberapa waktu lalu.

Para penandatangan petisi tersebut, yang meliputi lebih dari 60 pemain termasuk Didier Drogba, Eden Hazrd, Demba Ba, dan Freddie Knoute, mengatakan: kami  pemain sepak bola Eropa, menyampaikan solidaritas kami pada rakyat Gaza yang hidup dibawah Blokade dan pengingkaran terhadap hak asasi manusia serta kebebasan.

Para pemain menambahkan dalam petisinya bahwa” Agresi Israel terakhir di jalur Gaza telah menyebabkan kematian lebih dari seratus warga sipil yang telah menodai hati nurani Dunia.”

Petisi itu juga berbicara mengenai serangan Israel di stadion sepak bola di Gaza pada 10 November lalu, yang menewaskan 4 pemain remaja, dan begitu pula penangkapan dua pemain dari Amari club di Israel tanpa tuduhan dan pengadilan sejak februari.

Penandatangan petisi itu menegaskan bahwa “pembunhan atas pemain sepak bola anak-anak sangat tidak bisa diterima. Israel yang akan menjadi tuan rumah Piala eropa di bawah 21 tahun dalam hal ini akan melihat balasan atas tindakan mereka yang tidak sesuai dengan nilai-nilai olahraga.”

 

Sebagaimana yang telah dijadwalkan bahwa Israel akan menjadi tuan rumah Kejuaran Eropa di bawah 21 tahun pada bulan Juni yang akan diikuti delapan negara Eropa.

Namun, Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa menolak Petisi tersebut dan Michel Platini mengatakan bahwa “Persatuan SepakBola Eropa adalah organisasi non-politik, dan Israel tetap  memperoleh hak untuk menjadi tuan rumah turnamen melalui pemungutan suara ” (hr/it)