Gencatan Senjata Semakin Dekat….?

Di dalam situs “Haretz” di kabarkan ,Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Presiden AS Barack Obama dan kenselir Jerman Angela Merkel bahwa Israel siap untuk gencatan senjata jika seluruh faksi di Palestina di Gaza berhenti menembakkan roket ke wilayah Israel.

Sebuah saluran tv Israel melaporkan, Netanyahu menerima “tekanan yang sangat keras dari negara-negara pentinga Eropa” untuk meghentikan agresi sebagaimana yang diajukan ole Mesir.

Saluran tersebut menambahkan bahwa Obama telah mengontak langsung Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan yang berada di Mesir dan ikut serta dalam mendorong inisiatif gencatan senjata.

Seperti yang disebutkan dalam situs Israel “wall” bahwa Israel masih tetap menolak untuk gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir, Rusia, da Amerika.

Namun, situs itu juga mengutip seorang pejabat senior yang mengatakan bahwa “jika hamas telah berjanji untuk berhenti menembakkan roket maka Israel juga akan merespon dengan tenang dan akan menyetujui gencatan senjata.” (hr)