HRW: Dunia Diam Melihat Zionis-Israel Siksa Tahanan Anak Palestina

tahanan anak palestinaEramuslim – Organisasi hak asasi manusia internasional Human Right Watch menuding Zionis Israel melanggar konvensi internasional anak dengan sengaja menyiksa tahanan anak-anak Palestina yang ditangkap aparat keamanan sejak tahun 2014 silam.

Pernyataan ini dilontarkan HRW dalam laporan organisasi yang dikeluarkan pada hari Selasa (21/07) kemarin, pasca melakukan sejumlah wawancara dengan 6 tahanan anak-anak asal kota Al Quds Timur dan Tepi Barat yang pernah masuk ke dalam penjara Israel.

“Kami mendapati ke enam anak-anak tersebut mengalami luka-luka serta trauma psikis seperti rasa cemas dan takut akibat perlakuan kasar aparat keamanan Yahudi selama berada di dalam penjara Israel,” tulis HRW dalam laporannya.

HRW melanjutkan, “Mereka mengaku telah menerima perlakuan buruk, pemukulan, ancaman, dan interogasi yang disertai intimidasi aparat keamanan Zionis Israel tanpa adanya pengacara ataupun keluarga yang mendampingi.”

“Bahkan 2 orang diantaranya pernah dilempar granat kejut oleh tentara Zionis Israel ketika berada di dalam sel tahanan mereka,” ujar kedua orang tua anak kepada HRW.

Selain itu dalam laporannya organisasi manusia internasional ini meminta masyarakat dunia turun tangan menghentikan aksi penangkapan anak-anak di Palestina oleh tentara Zionis Israel.

Tercatat hingga bulan Mei tahun 2015 Departemen Statistik Kementerian Tahanan Palestina menyatakan ada sekitar 207 anak-anak yang masih mendekam didalam penjara Zionis Israel. Kebanyakan dari mereka ditahan karena melempar batu ke arah pasukan Zionis Israel. (Rassd/Ram)