Ismail Haniyah: Terima Kasih Turki Dan Qatar Selalu Bantu Jalur Gaza

Ismael HaniyahKepala pemerintah Palestina di Jalur Gaza, Ismail Haniyah, mengucapkan rasa terima kasihnya atas perjuangan Turki untuk mengangkat blokade di Jalur Gaza yang telah berlangsung 8 tahun lamanya.

Ini disampaikan Haniyah dalam konferensi pers pada Rabu (16/04) setelah memeriksa sejumlah proyek yang didanai oleh pemerintah Qatar. Dalam pidatonya Haniyah mengatakan “kami tidak akan lupa dengan perjuangan Turki di Palestina, dengan segenap usaha mereka berupaya untuk mengangkat blokade di jalur Gaza melalui gerakan politik dan diplomatik dengan semua pihak.”

Haniyah menambahkan “kami berterima kasih kepada Mesir untuk memfasilitasi masuknya bahan bangunan untuk pelaksanaan proyek-proyek ini , dan kami meminta mereka untuk terus membuka perbatasan Rafah secara berkala untuk memfasilitasi masuknya bahan makanan dan obat-obatan ke Jalur gaza.”

Di akhir pidatonya Haniyah menyatakan atas nama kepala pemerintahan mengucapkan banyak terima kasih kepada Qatar atas sejumlah bantuan infrastruktur di wilayah Jalur Gaza. Menurut Haniyah “tidak perlu waktu lebih dari satu jam bagi Emir Hamad untuk membiayai proyek pembangunan sebesar $ 400 juta dolar AS di gaza.”

Perlu dicatat bahwa 9 warga Turki tewas dalam serangan kapal Mavimarmara yang bertujuan untuk mendobrak blokade terhadap Gaza pada 31 Mei 2010 lalu. (Rassd/Ram)