Kepung Aqsha, Israel Kawal Sejumlah Rabi Yahudi Masuk Masjid

demo-israelPuluhan warga Palestina dilaporkan terluka dalam bentrokan dengan tentara militer israel dikomplek Masjid Al Aqsha pada Rabu (16/04) pagi.

Benterokan dipicu oleh penyerbuan aparat keamanan Israel ke halaman Masjid melalui gerbang Mughrabi yang mencoba mengamankan kunjungan sejumlah peziarah yahudi. Sejumlah peziarah Yahudi dilaporkan berhasil masuk kedalam masjid dalam penyerbuan pada Rabu pagi tersebut. Ini merupakan hari ke 4 dimana kaum ekstremis Yahudi menyerukan pendudukan Masjid Al Aqsha sebagai persembahan hari Paskah Yahudi.

Dalam keterangan Mufti Al Quds Syeikh Muhammad Husein, mengatakan “pasukan keamanan Israel menembakan gas airmata dan granat kejut ke arah warga.”

Sedikitnya 20 warga Palestina dikabarkan terluka dalam benterokan tersebut, termasuk sejumlah warga yang mengalami luka tembak peluru karet di bagian kepala mereka.

Sementara itu penjagaan ketat dilakukan aparat militer Israel di sekitar kota tua Yerusalem dan gerbang al Haram, Palestina.

Sementara itu di desa Beit Ummar sebelah utara kota Hebron, 3 pemuda Palestina ditangkap pasukan kemanan Israel dalam operasi keamanan yang dilakukan pada Rabu pagi. (Aljazeera/Ram)