UNESCO Tetapkan Aleppo Dan Kota Tua Al Quds Dalam Daftar Situs Yang Terancam Punah

UNESCOEramuslim – Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan kota Aleppo di Suriah dan Kota Tua Al Quds dalam situs warisan dunia yang terancam hancur akibat konflik di kedua negara.

Penetapan ini dikeluarkan UNESCO dalam sebuah pernyataan resmi di kantor perwakilan organisasi di ibukota Lebanon, Beirut, pada hari Sabtu (3/12) kemarin.

Dalam laporan terbarunya di akhir tahun 2016, UNESCO menetapkan 55 Situs Warisan Dunia di berbagai negara dalam daftar situs terancam punah, termasuk kota Aleppo di Suriah dan Kota Tua Al Quds di Palestina.

Kamis 13 Oktober 2016, Dewan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan PBB “UNESCO” sepakat menyetujui rancangan resolusi Arab yang menegaskan bahwa Masjid Al-Aqsa dan seluruh Haram al-Sharif adalah situs suci milik umat Islam, dan hanya diperuntukan beribadah bagi kaum Muslimin.

Resolusi 13 Oktober kemudian diperkuat dengan penetapan status bahaya UNESCO dalam resolusi yang dikeluarkan organisasi pada hari Rabu 26 Oktober. (Dostor/Ram)