Pejuang Suriah Kuasai Kota Raqqa, Turunkan Patung Hafiz al-Assad

Pasukan oposisi Suriah Senin kemarin mengambil alih wilayah timur laut kota Raqqa, menangkap kepala keamanan negara setempat serta menurunkan patung Hafiz al-Assad, ayah dari diktator Bashar al-Assad.

“Ini merupakan ibukota provinsi pertama di Suriah di mana para pejuang mengalami kemajuan pesat. Mereka saat ini hampir menguasai seluruh kota Raqqa, termasuk kantor keamanan militer dan partai Baath,” Rami Abdel Rahman, direktur Pengamat HAM Suriah, AFP melaporkan.

Menurut mereka, para mujahidin Front Al-Nusra bertempur bersama para kelompok pejuang dalam pertempuran di kota wilayah utara ini, yang terletak di Sungai Eufrat, dekat perbatasan Turki.

Di Raqqa, para warga menghancurkan patung ayah Assad – Hafiz, seperti ditunjukkan video amatir yang disebarkan oleh para aktivis.

“Para pejuang membawa kepala keamanan negara tersebut ke Turki,” Abdel Rahman mengatakan. Ia juga menambahkan bahwa jalan yang menghubungkan Raqqa dan Turki, termasuk perbatasan yang melintasi Tal al-Abyad telah diambil alih oleh para pejuang.

Dalam beberapa minggu terakhir, para pejuang Suriah telah menutup seluruh jalur suplai persenjataan tentara rezim, serta meningkatkan serangan pada pos-pos pemeriksaan dan lokasi para pasukan pemerintah.

(Ds/al-arabiya)