Pemerintah Inggris Ancam Akan Cabut Kewarganegaraan Inggris, Bagi Warganya Yang Pergi Ke Suriah

paspor englandPemerintah Inggris memutuskan untuk menarik kewarganegaraan Inggris yang telah diberikan kepada 20 orang yang telah memperoleh paspor dan warga negara Inggris sepanjang tahun 2013 ini, karena terlibat pertempuran di Suriah.

Menteri Dalam Negeri , Theresa May, mengatakan bahwa “ada sekitar 37 orang asal luar negeri dicabut hak kewarganegaraan mereka sejal Mei 2010 lalu dan dilarang mengajukan gugatan ke pengadilan serta kembali ke Inggris,” seperti dilansir surat kabar The Independent Inggris hari Senin (23/12).

Sekretaris Dalam Negeri menyatakan bahwa hukum Inggris memungkinkan pencabutan kewarganegaraan yang diperoleh seseorang dengan alasan dapat menyebabkan bahaya bagi masyarakat Inggris, tanpa adanya keputusan pengadilan.

Keputusan ini untuk mencegah warga Negara Inggris yang akan pergi atau kembali dari Suriah sebagai pejuang.

The Independent Inggris melansir bahwa ada sekitar antara 40 sampai 240 orang warga Inggris yang kini mashi berada di Suriah. The Independent Inggris menyatakan bahwa pihaknya mendapatkan data tersebut dari Kantor Investigasi Jurnalisme di London, berdasarkan hukum kebebasan akses informasi di Inggris. (al-Arabiya/lndk)