Rumah Tingkat di Lahan 5,5 x 11,5 M

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, saya ingin membangun rumah 2 lantai di lahan yang cukup kecil. Ukuran lahan yang ada adalah 5,5 m x 11,5 m.

Kebutuhan ruang kami adalah : di lantai satu ada 2 kamar tidur,1 carport terbuka, taman di belakang, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan ruang makan. Jika memungkinkan masih ada ruang tamu. Untuk lantai 2 cukup satu kamar tidur dan 1 kamar mandi saja.

Bagaimana disain nya supaya tampil minimalis dan menarik ?

Demikian pertanyaan kami. Terimakasih sekali atas tanggapannya. Semoga eramuslim tetap dapat berjaya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Aswin – Pondok Gede

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Aswin yang saya hormati, beserta netters eramuslim yang tetap setia mengakses kami. Hujan pagi ini kembali mengguyur langit biru cerah. Saat beberapa saudara kita masih memotong kurban. Karena mungkin tidak sempat dilakukan kemarin.

Allahuma syaiban nafi’an. Semoga hujan ini menjadi berkah. Dan semoga dapat mengisi kembali air tanah kita yang sudah mulai kering.

Disain kali ini memang terbatas. Tanah yang ada cukup kecil untuk bangunan 2 lantai. Untuk itu saya coba siasati dengan tembok utama yang menjorok ke depan. Hingga ia berbeda dengan tembok dapur selaku area service.

Ruang tidur saya buat di depan dan di belakang. Hingga kita memperoleh ruang yang lapang di tengah. Dapat kita mnafaatkan untuk ruang bersama yang dapat kita bagi 3. Mulai dari dapur, ruang makan hingga ruang keluarga.

Taman tetap kita butuhkan. Untuk itu area depan dan belakang tetap hijau. Hingga kita bisa mengakses dan menikmatinya. Setelah padatnya rutinitas harian.

Untuk lantai 2 saya buat pola strukturnya menerus dengan sisi kanan bangunan utama. Hingga hemat dan diperoleh sirkulasi yang baik. Plumbing juga menjadi mudah. Karena kamar mandi yang posisinya saling tumpuk.

perspektif bawah

Untuk tampilan  muka tentu saya buat minimalis. Dengan atap pelana yang hemat. Serta pet beton pencegah tampias dan sebagai efek meredam tingginya lantai 2 yang menjulang tinggi.

Pet beton teras dengan tiang bulat semakin menambah kesan minimalis. Tamu cukup diterima disini saja. Karena memang lahannya tidak cukup. Kalaupun ada tamu keluarga, tentu dapat langsung masuk ke dalam.

perspektif atas

 

Nah, jadilah sudah disain kita kali ini. Alhamdulillah. Semoga bisa menjadi solusi bagi Pak Aswin. Dan semoga proyek ini dapat segera terlakasana.

Kita jumpa lagi di artikel berikutnya. Di situs yang sama-sama kita cintai, eramuslim.com

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta , ST – [email protected]