free hit counters
 

Belitan Naga Digital RRCina

Redaksi – Kamis, 6 Rajab 1440 H / 14 Maret 2019 12:00 WIB

Singkatnya, DSR menawarkan peluang untuk menjadikan Inisiatif Sabuk dan Jalan secara keseluruhan lebih efisien dan lebih berkelanjutan.

Namun bersamaan dengan itu para pengamat internasional di banyak negara menjadi makin waspada terhadap praktik data yang diadopsi oleh perusahaan-perusahaan Cina.

Beberapa waktu lalu , dunia telah dikejutkan atas ekstraksi data pribadi untuk penggunaan politik oleh Cambridge Analytica. Penggunaan data dengan cara ini telah mengejutkan jutaan orang; Dalam kasus raksasa TI China seperti Wechat (Tencent), hubungan dengan pemerintah Cina dan kebijakan berbagi datanya perlu dipertanyakan lagi.

Oleh karena itu, bisa dikatakan DSR menjadi perdebatan tersendiri di sekitar BRI karena secara bersamaan di satu sisi menawarkan peluang terbesar tetapi di sisi lain sekaligus menyebabkan keprihatinan terbesar

Bagaimana dengan Jalan Sutra Digital Cina di Asia Tenggara?

Asia Tenggara adalah tempat bagi banyak proyek Belt and Road Initiative (BRI) paling terkenal di Cina, termasuk pelabuhan Kyakpyu di Myanmar, kereta api berkecepatan tinggi di Laos utara, dan proyek-proyek kereta api dan pipa yang macet di Malaysia. Sementara proyek-proyek infrastruktur fisik ini telah menarik perhatian luas, keterlibatan Cina dalam infrastruktur digital di kawasan itu jauh lebih sedikit diteliti meskipun memiliki potensi untuk memiliki kepentingan strategis yang lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Ekonomi Asia Tenggara yang berkembang pesat, didukung oleh populasi anak muda yang tinggal di beberapa masyarakat digital tersibuk di dunia, menawarkan peluang bisnis luar biasa bagi perusahaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari seluruh dunia.



Namun, kepentingan strategis Asia Tenggara bagi Cina, Amerika Serikat, Jepang, dan lainnya, adalah adanya keuntungan yang akan datang dengan kemampuan kontrol atas aliran data.

Ini berarti bahwa kebijakan negara negara di kawasan Asia Tenggara tentang infrastruktur digital dan tata kelola internet akan memiliki implikasi yang jauh melampaui hasil bisnis.
Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara lain telah mulai memusatkan perhatian yang cukup besar pada masalah ini, terutama tantangan untuk bersaing dengan perusahaan perusahaan Cina yang menikmati keuntungan besar dibandingkan pesaingnya ,karena sebagian adanya dukungan besar dari pemerintah Cina sendiri .

Jalan Sutra Digital dan Asia Tenggara

Investasi China dalam ekonomi digital Asia Tenggara termasuk dalam konsep Digital Silk Road (DSR). Tidak seperti komponen lain dari BRI yang lain dimana pemerintah Cina secara agresif mendorong melalui kebijakan dan pembiayaan, peran Beijing sampai saat ini dalam mendukung DSR lebih tersamar dan dengan jumlah yang lebih rendah.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus