Ternyata Presiden Melayu Singapura “Anak Buah” Lee Kuan Yew

Eramuslim – Media mainstream dan dunia maya dalam beberapa hari terakhir heboh dengan terpilihnya Halimah Yacob sebagai Presiden Singapura pertama dari kelompok melayu Muslim. Bahkan kelompok yang masih belom bisa move on gegara kekalahan Ahok di Pilkada kemarin menggunakan kesempatan ini untuk menyerang umat Islam di Tanah Air.

Halimah Yacob menjadi Presiden Singapura tanpa melalui pemungutan suara karena kandidat Melayu lainnya dinyatakan gugur oleh Komisi Pemilihan Presiden (PEC). Sontak jabatan Presiden periode 2017-2023 sesuai konstitusi menjadi JATAH untuk etnis Melayu setelah 5 kali Pilpres sejak tahun 1991, tidak satupun dimenangkan oleh etnis Melayu.

Sebelum menjadi Presiden Singapura, Halimah Yacob menjabata anggota Parlemen dan menjabat Ketua Parlemen Singapura periode 2013-2017 dari Partai Aksi Rakyat (People’s Action Party). Sebuah Partai yang didirikan oleh Lee Kuan Yew, dan berkuasa di Singapura sejak tahun 1959.

Perlu di ingat bahwa Presiden Singapura memiliki kewenangan terbatas dan hanya bersifat seremonial, dimana jalannya pemerintahan dikendalikan penuh oleh Perdana Menteri. (Ram)

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Lee_Kuan_Yew

https://en.wikipedia.org/wiki/President_of_Singapore

https://en.wikipedia.org/wiki/Halimah_Yacob

https://en.wikipedia.org/wiki/People%27s_Action_Party