Untuk Pertama Kalinya Militer Irak Lancarkan Serangan Udara Malam Di Kota Mosul

f-16-irakEramuslim – Untuk pertama kalinya pada Minggu malam 4 Desember 2016, pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara Irak melancarkan serangan udara malam terhadap basis militan Organisasi Negara Islam di kawasan utara kota Mosul.

“Melalui pangkalan militer Balad di provinsi Salahuddin, sejumlah pesawat F-16 Angkatan Udara Irak untuk pertama kalinya meluncurkan serangan di malam hari menargetkan situs Organisasi Negara Islam di kota Mosul,” ujar Ahmed Hassan, salah seorang pilot pesawat tempur  Irak kepada Anatolia.

Ahmed Hassan melanjutkan, “Serangan malam dilakukan militer Irak setelah Amerika Serikat menyediakan pangkalan militer Balad sejumlah peralatan untuk lepas landas dan mendarat pesawat di malam hari.”

Tercatat hingga akhir tahun 2016 Angkatan Udara Irak memiliki 14 pesawat tipe F-16 dari total pembelian 36 pesawat yang dibeli pemerintah Baghdad pada tahun 2011.

Perlu diketahui bahwa konflik di Irak dan Suriah menjadi ajang penjualan senjata bagi produsen-produsen senjata dari negara Barat seperti Amerika Serikat, Rusia, Inggris dan lain-lainnya. (Anatolia/Ram)