WFP: Ada 15 Juta Warga Kelaparan Di Suriah Dan Yaman Akibat Blokade Rezim Syiah Assad dan Pemberontak Syiah Houthi

Children walk near garbage in al-Jazmati neighbourhood of Aleppo, Syria April 22, 2016. REUTERS/Abdalrhman Ismail
Children walk near garbage in al-Jazmati neighbourhood of Aleppo, Syria April 22, 2016. REUTERS/Abdalrhman Ismail

Eramuslim – Program Pangan Dunia “WFP” menyatakan bahwa perang di Suriah dan Yaman selama 5 tahun terakhir telah menyebabkan sedikitnya 15 juta warga di kedua negara mengalami krisis kemanusiaan akibat langkanya bahan makanan.

Pernyataan ini dikatakan Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia, Cousin Arthaan, dalam wawancaranya dengan surat kabar Middle East mengenai meningkatnya aksi blokade kota-kota di Suriah dan Yaman dalam 6 bulan terakhir.

“Blokade yang dilakukan pemberontak Syiah Houthi di sejumlah kota Yaman telah menyebabkan sekitar 7,6 juta lebih warga menderita kelaparan akut. Sedangkan di Suriah ada sekitar 8 juta orang lainnya kelaparan akibat blokade yang dilakukan rezim Syiah Assad dan sekutunya,” ujar Cousin Arthaan.

Cousin Arthaan meminta dunia internasional untuk bertindak secepatnya segera mencabut blokade di daerah-daerah konflik yang menjadi bencana kemanusiaan terburuk sepanjang abad 21.

Catatan tahun 2015 WFP menunjukan bahwa disepanjang tahun kemarin ada 795 juta orang di seluruh dunia menderita kelaparan akibat kemiskinan, konflik dan musibah yang melanda berbagai negara. (Alarabiya/Ram)