Zelensky: Israel Bukan NATO, Tapi Diperlakukan Istimewa oleh AS dan Negara Barat

eramuslim.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak negara-negara Barat untuk terlibat dalam perang melawan Rusia. Dia ingin Ukraina diperlakukan sama seperti Israel saat diserang Iran.  Dalam posting-an di Telegram, Zelensky memuji tindakan beberapa negara Barat yang ikut menangkis serangan rudal dan drone Iran. Sebagian besar rudal dan drone yang ditembakkan Iran ditembak jatuh, bahkan belum sampai memasuki wilayah Israel.

“Hal ini menunjukkan betapa efektifnya persatuan dalam membela diri, melawan teror, jika didasarkan pada kemauan politik yang cukup. Israel, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Yordania bertindak bersama dengan efisiensi yang maksimum,” kata Zelensky, seperti dilaporkan kembali RT.

Dia menambahkan, meski AS dan sekutunya membantu dalam mencegat senjata Iran namun mereka tak terlibat perang melawan Iran.  Zelensky juga menyoroti bantuan untuk Israel yang begitu besar padahal negara Yahudi itu bukan anggota NATO.

“Israel bukan anggota NATO, jadi tidak diperlukan tindakan apa pun, seperti memicu Pasal 5,” ujarnya, merujuk pada ketentuan di NATO jika ada negara anggotanya diserang musuh.

Dia kemudian mendesak negara-negara Barat untuk memberikan bantuan yang sama kepada Ukraina guna menghindari serangan rudal maupun drone jarak jauh Rusia.

“Langit Eropa bisa saja menerima tingkat perlindungan yang sama sejak dulu jika Ukraina mendapat bantuan  penuh, serupa dari mitra-mitranya dalam mencegat drone dan rudal,” ujarnya. (sumber: inews)

Beri Komentar