free hit counters
 

Benarkah Habbatussauda adalah Obat Diabetes?

Redaksi – Jumat, 24 November 2017 18:47 WIB

EramuslimAdvertorial

APAKAH BENAR HABBATUSSAUDA MAMPU MENGATASI DIABETES?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh
Saya ingin menanyakan tentang khasiat habbatussauda untuk penderita diabetes. Apakah terdapat penelitian bahwa habbatussauda mampu menurunkan kadar gula? Mengingat banyak teman yang menyarankan keluarga kami memakai habbatusssauda untuk penyakit diabetes yang diderita ayah kami.
Terimakasih atas jawabannya.
Andri
Jakarta Utara

Jawaban :
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakaatuh

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sekedar menyampaikan beberapa fakta penelitian sebagai berikut :
Manfaat khusus telah diamati pada individu dengan intoleransi glukosa, dimana minyak Habbatussauda mampu meningkatkan sekresi insulin yang diinduksi glukosa dan mengurangi penyerapan glukosa dalam usus.
(Sumber : Kapoor S. Emerging clinical and therapeutic applications of Nigella sativa in gastroenterology. World J Gastroenterol 2009; 7:2170-2171)

Sebuah studi klinis yang memeriksa pasien dengan sindrom resistensi insulin menemukan bahwa minyak Habbatussauda merupakan terapi pengaya yang efektif pada pasien diabetes dan dislipidemia.
(Sumber : Najmi A, Haque SF, Naseeruddin M, Khan RA. Effect of Nigella sativa oil on various Clinical and biochemical parameters of metabolic syndrome. Int J Diabetes Dev Ctries 2008; 16: 85-87)

Sebuah penelitian di tahun 2010 yang menyelidiki efek dari Habbatussauda pada kontrol glikemik pasien diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa dosis 2 gram per hari Habbatussauda mampu menjadi bahan pembantu yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah (pada pasien yang diberi Habbatussauda bersama obat-obat anti diabetes). Dengan cara ini menyebabkan penurunan yang signifikan pada glukosa darah puasa serta kadar glukosa dua jam setelah makan, juga kadar hemoglobin glikosilasi secara keseluruhan (HbA1c)
(Sumber : Bamosa AO, Kaatabi H, Lebdaa FM, Elq AM, Al-Sultanb A. Effect of Nigella sativa seeds on the glycemic control of patients with type 2 diabetes mellitus. Indian J Physiol Pharmacol 2010; 54(4):344-354)

Menurut penelitian, Habbatussauda “memperbaiki toleransi glukosa seefisien Metformin, namun tidak menunjukkan efek samping yang signifikan dan memiliki toksisitas yang sangat rendah! “
Ini disebutkan di penelitian yang berjudul: Antidiabetic Properties of a Spice Plant Nigella sativa, dimuat di Journal of Endocrinology and Metabolism, Volume 1 No 1, April 2011, halaman 1-8.

Semoga riset-riset yang ada di atas makin meyakinkan kita semua bahwa Habbatussauda memang obat segala penyakit, termasuk diabetes mellitus atau penyakit gula.

Untuk Informasi & pemesanan anda bisa menghubungi :
Team Internet Marketing Habbats Tlp/WA : 082116884948
Atau belanja langsung di akun Marketplace kami di :
https://www.tokopedia.com/herbalsehatnabi?nref=shphead dan https://www.bukalapak.com/u/habbats?from=dropdown
Untuk informasi lengkap dapat mengakses ke www.habbats.co.id

loading...

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus