Bantu Perangi Mujahidin Islam, NATO Kirim Pesawat Mata-Mata Ke Timur Tengah

pesawat-awacsEramuslim – Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara “NATO” mengumumkan niatnya untuk mengirimkan pesawat peringatan dini “AWACS” ke Timur Tengah pada bulan Oktober mendatang, dalam rangka mendukung operasi militer koalisi internasional terhadap kelompok mujahidin dan Negara Islam.

“Segera setelah tiba di kawasan Timur Tengah, pesawat AWACS akan mulai berkerja untuk mengumpulkan data intelejen dan pengawasan yang akan dibagikan kepada pasukan koalisi pimpinan AS,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal NATO, Alexander Vershbow, dalam keterangannya kepada sejumlah wartawan di Brussels hari Senin (26/09) kemarin.

Alexander Vershbow melanjutkan, “Kami dan pasukan koalisi internasional telah sepakat meningkatkan misi AWACS untuk memberikan gambaran detail dan jelas dalam operasi militer di Timur Tengah,” tanpa mau menyebut berapa jumlah pesawat yang akan dikirim dengan alasan keamanan.

Alexander Vershbow menenkankan bahwa keputusan final baru akan diumumkan dalam beberapa pekan kedepan, dalam pertemuan anggota NATO setingkat menteri Pertahanan di bulan Oktober mendatang.

Dalam konteks terkait, seorang sumber militer Arab di NATO mengungkapkan kepada surat kabar al-Masry al-Youm bahwa NATO akan mengirimkan tiga pesawat AWACS yang rencananya ditempatkan di Turki. (Almasryalyoum/Ram)