Ikhwan : Penunjukkan Baredei Sebagai PM adalah Pilihan Washington

baredei obamaJuru bicara presiden sementara Mesir,  Ahmad al-Muslimani mengatakan perundingan sedang berlangsung dengan Ikhwanul Muslimin, menambahkan bahwa kelompok Islam itu dapat mengambil bagian dalam pemilu baru.

“Kami mengulurkan tangan kami untuk semua pihak, semuanya adalah bagian dari bangsa ini,” kata juru bicara presiden kepada para wartawan. “Ikhwanul Muslimin memiliki banyak kesempatan untuk mengikuti semua pemilihan termasuk pemilihan presiden yang akan datang.”

Sementara itu, Muslimani mengatakan Mohamed ElBaradei belum resmi diangkat sebagai perdana menteri, setelah beberapa sumber resmi mengatakan mantan kepala badan pengawas nuklir PBB  telah ditunjuk Perdana Menteri.

“Memang Presiden Adly Mansour hari ini bertemu dengan Dr ElBaradei tapi sejauh ini belum ada penunjukan resmi,” kata Ahmed al-Muslimani kepada wartawan. ”

Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa ElBaradei adalah “pilihan yang logis” di antara daftar nama yang dipertimbangkan pasca pemecatan Mohamed Mursi oleh militer.

Diinformasikan bahwa Partai An Nour dari kelompok Salafi Mesir menolak ElBaradei sebagai perdana menteri.

Seorang pejabat senior oposisi, Munir Fakhry Abdelnur, mengatakan kepada Associated Press bahwa kelompok Salafi Partai An Nour keberatan dengan penunjukan ElBardei dan mediasi saat ini sedang berlangsung.

Partai Nour, kekuatan Islam terbesar kedua Mesir, menyatakan penolakannya atas ElBaradei dan mengancam untuk menarik dukungan terhadap penggulingan militer  kepada Presiden Mursi pada hari Rabu, yang merupakan pemicu kerusuhan berdarah.

Kehilangan dukungan Partai An Nour secara signifikan akan melemahkan posisi militer, dan akan menghilangkan adanya dukungan kalangan Islam dari proses transisi.

Ikhwanul Muslimin, kekuatan Islam yang dominan di negara yang paling padat penduduknya di dunia Arab, menyerukan demonstrasi protes lebih lanjut pada hari Minggu.

Puluhan ribu pendukung Ikhwanul turun ke jalan untuk memprotes apa yang mereka sebut kudeta militer, dan bentrokan antara mereka dengan  pasukan keamanan dan pengunjuk rasa anti-Mursi telah menewaskan lebih dari 30 orang .

Ketika ada berita bahwa ElBaradei akan menjadi kandidat Perdana Menteri, seorang pejabat senior Ikhwan akan menolak pencalonannya dan langkah-langkah apapun yang diterapkan oleh pemerintah yang didukung militer.

Dia menggambarkan ElBaradei sebagai “pilihan Washington,” , dan ini kecurigaan ikhwan atas keterlibatan AS dalam kudeta Mursi. (Arby/KH)