Pemerintah Komunis China Tuduh Muslim Uighur Sebagai Pelaku Penikaman di Stasiun KA

Uighur Muslims ArrestedMuslim Uighur telah mengutuk keras serangan pada hari  Sabtu di  stasiun kereta api Cina yang menyebabkan puluhan tewas dan terluka , di tengah tuduhan pemerintahan China yang  menuding Muslim Uighur Xinjiang sebagai pelaku serangan .

“Tidak ada pembenaran atas serangan terhadap warga sipil , ” kata Dilshat Raxit dari  Kongres Uighur Dunia dalam sebuah pernyataan email yang dikutip oleh Agence France Presse ( AFP ) pada hari Minggu, tanggal 2 Maret.

Aktivis Uighur tersebut menambahkan bahwa kebijakan diskriminatif dan represif Pemerintahan China – lah yang memprovokasi ” langkah-langkah ekstrim ” sebagai respon.

Dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di barat daya kota Kunming China , serangan yang bersenjata pisau telah menewaskan sedikitnya 33 orang  dan lebih dari 140 terluka di sebuah stasiun kereta api .

Menurut kantor berita resmi Xinhua , pihak berwenang telah menggambarkan insiden itu sebagai “serangan teroris yang direncanakan ” .

” Sekelompok orang yang membawa senjata  ke stasiun kereta api  dan ruang tiket, menusuk siapa pun yang mereka lihat , ” kata Xinhua .

Pihak berwenang China bergegas tanpa klarifikasi dengan  menyalahkan Muslim  Xinjiang atas serangan tersebut yang terjadi sebelum  pertemuan tahunan  Kongres Rakyat Nasional di Beijing yang akan membahas  ketegangan  antara kelompok etnis Cina .

” Bukti di TKP menunjukkan bahwa serangan teroris di Stasiun Kereta Api Kunming dilakukan oleh pasukan separatis Xinjiang , ” kata kantor berita resmi mengutip pemerintah Kunming .

Mengirim belasungkawa kepada para korban dan keluarga mereka , Presiden Xi Jinping telah menyerukan upaya habis-habisan untuk menghukum para pelaku dan bersumpah tindakan keras terhadap kegiatan teror , Xinhua melaporkan .

Korban mengatakan  bahwa para penyerang mengenakan pakaian hitam .

“Saya melihat seseorang datang langsung dengan pisau panjang dan saya lari bersama dengan semua orang , ” ujar Yang Haifei , yang terluka di dada dan punggung , kepada Xinhua .

Para ahli politik percaya bahwa kebijakan otoritas pemerintah China -lah yang harus bertanggung jawab atas meningkatnya ketegangan antara negara dan etnis minoritas di negara itu .

” Masalah di China adalah bahwa tidak ada mekanisme bagi orang-orang yang berpikir mereka adalah korban diskriminasi untuk membalas dendam, ” ujar Willy Lam , dosen di Pusat Studi China Universitas Cina Hong Kong , mengatakan kepada Bloomberg .

“Tidak ada dialog antara pemerintah dan orang-orang yang tertindas.

” Jadi mereka melakukan kekerasan , dan dari laporan resmi tampaknya frekuensi dan intensitas mereka akan semakin  meningkat . ”

Oktober tahun lalu, pemerintah China juga telah menuduh Muslim Uighur merencanakan serangan Lapangan Tiananmen yang menewaskan dua orang yang tewas .

Muslim Uighur adalah minoritas Muslim berbahasa Turki dari delapan juta di wilayah Xinjiang barat laut .

Xinjiang , juga disebut Turkestan Timur , telah otonom sejak tahun 1955 namun terus menjadi subyek tindakan keras keamanan China .

Kelompok-kelompok HAM menuduh pihak berwenang China sangat represi terhadap Muslim Uighur di Xinjiang atas nama terorisme . (OI.net/KH)