Profil Presiden Baru Mesir , Adly Mansour

adly mansourPresiden baru Mesir, Adly Mansour , awalnya ia baru saja menjadi ketua  Mahkamah Konstitusi dan ia  hanya menjabat  dua hari , ironisnya Mursi-lah yang mengangkat Adly sebagai ketua mahkamah konstitusi tersebut yang melambungkan namanya di jajaran pejabat Mesir.

Lelaki berusia  67 tahun yang memiliki  tiga anak , beliau lulusan dari  Universitas  Prancis Ecole Nationale de l’Administration. Ia juga telah lama berkecimpung menjadi  hakim  di bawah mantan Presiden Hosni Mubarak.

Mansour turut berpartisipasi membantu pembuatan  RUU pengawasan  pemilihan presiden yang membawa Morsi berkuasa pada 2012, yang juga  menetapkan hukum tentang jangka waktu untuk kampanye pemilu.

Ironisnya lagi, Ia selama ini adalah wakil kepala Mahkamah Konstitusi Agung sejak  tahun 1992, yang seharusnya menjadi penjaga gawang  konstitusi di negeri Mesir itu.

Fotonya tidak pernah tampil di antara  jutaan demonstran yang dimobilisasi oleh para politisi oposisi dan akar rumput oposisi penentang Mursi dan  Ikhwanul Muslimin selama  gejolak kekerasan dalam 12 bulan ini. (Al Jazeera/HK)