Rezim Mesir Deteksi Kehadiran IS di Milisi Sinai

isSurat kabar al-Ahram Mesir melaporkan  bahwa militer Kairo berubah strategi untuk memerangi militan Sinai terkait adanya informasi terbaru bahwa Negara Islam  (IS) telah hadir di Sinai, Reuters melaporkan pada hari Sabtu bahwa IS telah melatih sesama gerakan Islamis lainnya di negeri ini.

Seorang komandan senior dari kelompok militan Sinai , Ansar Bayt al-Maqdis, yang telah menewaskan ratusan anggota pasukan keamanan Mesir selama setahun terakhir, mengatakan IS telah memberikan petunjuk tentang cara beroperasi secara lebih efektif.

“Mereka mengajarkan kita bagaimana untuk melakukan operasi. Kami berkomunikasi melalui internet, “ujar komandan tersebut , yang meminta untuk namanya dirahasiakan, kepada Reuters.

“Mereka tidak memberi kami senjata atau pejuang. Tapi mereka mengajarkan kita bagaimana untuk membuat sel-sel rahasia, yang terdiri dari lima orang. Hanya satu orang yang memiliki kontak dengan sel-sel lain. ”

“Kehadiran  sel IS di Mesir telah terbukti dan memiliki dasar fakta,” al-Ahram melaporkan Jumat, mengutip sumber-sumber informasi.

Ia menambahkan “operasi militer Mesir saat ini dalam proses untuk menargetkan sel-sel ini di wilayah Jebel Al-Hilal. Menurut sumber militer, pembersihan awal akan diikuti oleh operasi menyisir yang diperkirakan akan memakan beberapa waktu. ”

Kelompok militan Sinai dan pemerintahan sekuler  Mesir adalah musuh lama. Beberapa komandan yang paling terkenal berasal dari al-Qaeda, termasuk pemimpinnya saat ini Ayman al Zawahri-, adalah mujahidin asal Mesir.

Satu demi satu presiden Mesir mencoba menghancurkan  kelompok militan ini tetapi para Mujahidin  selalu muncul kembali.

Keberhasilan IS dalam merebut sebagian besar Suriah dan Irak telah menimbulkan kekhawatiran di Mesir, di mana pemerintah Mesir memerangi Ansar Bait al Maqdis yang  telah memanfaatkan revolusi  pasca-Muammar Qaddafi di Libya untuk mengatur pelintasan  perbatasan.

IS menjadi kelompok mujahidin  pertama yang mengalahkan tentara negeri Arab dalam operasi besar setelah melalui Irak utara pada bulan Juni .

IS lebih maju di al-Qaeda pada dasarnya karena bertindak seperti tentara, merebut dan memegang wilayah, jenis baru tantangan bagi negara-negara Arab yang didukung Barat.

Presiden Abdel Fattah al-Sisi, yang sebagai panglima militer menggulingkan Presiden Islam Mohammed Mursi tahun lalu setelah protes massa terhadap pemerintahannya dan kemudian menindak Ikhwanul Muslimin, telah dipulihkan stabilitas politik.

Namun, kelompok militan masih menjadi tantangan besar.

Para pejabat keamanan mengatakan ribuan militan Mesir telah bergabung ISIS di Irak dan Suriah dan pihak berwenang khawatir mereka bisa kembali ke rumah untuk melawan pemerintah.

Ahram Online mengatakan badan keamanan memperkirakan jumlah militan di Sinai sekitar 8.000.

Namun, seorang pejabat keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa “Ansar dan ISIS pasti memiliki ikatan tetapi tidak ada anggota ISIS di Mesir.”

“Pasti ada koordinasi antara Ansar, para militan di Libya dan pemimpin Negara Islam.”

Pejabat keamanan mengatakan pemerintah Mesir telah menyerahkan daftar pejabat bandara Mesir yang pergi ke luar negeri untuk melakukan jihad.

“Ada beberapa orang yang kita kenal akan datang kembali untuk melakukan serangan sehingga kita menangkap mereka. Hal yang sama berlaku untuk orang lain yang datang kembali untuk mengunjungi keluarga mereka, “katanya.

“Ada jenis ketiga yang datang kembali untuk merekrut. Kami hanya menonton dia sampai waktu yang tepat untuk bergerak. “