Setelah Berhasil di Mesir, Sekuler Mencoba Goyang Turki

turki demo2Polisi pada hari Sabtu menembakkan gas air mata kepada demonstran sekuler yang berkumpul di kota landmark Taksim Square sejam setelah gubernur di kota itu memperingatkan bahwa demonstrasi itu ilegal dan peserta akan dibubarkan.

Beberapa ribu orang berkumpul di alun-alun, dengan tujuan memasuki Taman Gezi dan berubah menjadi protes anti-pemerintah secara nasional pada bulan Juni.

Taman Gezi telah diamankan sejak 15 Juni, ketika polisi diarahkan di  tengah demonstrasi yang meluas terhadap pemerintah Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

Protes nasional sebagian besarnya  telah menyusut  tetapi ribuan demonstran masih berkumpul di Taksim setiap hari Sabtu selama tiga minggu terakhir, menuntut keadilan bagi seorang pengunjuk rasa yang tewas oleh tembakan polisi.

Kali ini, beberapa pengunjuk rasa berdebat dengan polisi yang berjaga-jaga di pintu masuk Gezi Park. Polisi kemudian mendorong demonstran menjauh dari dengan air bertekanan dan gas air mata. Mereka juga mengejar pengunjuk rasa yang turun di dua jalan utama dari Taksim, menembakkan gas air mata.

Gubernur Istanbul , Huseyin Avni Mutlu telah memperingatkan bahwa protes bertujuan untuk memasuki Gezi adalah tidak sah dan mengatakan polisi akan melakukan intervensi. Dia juga mengatakan bahwa pihak berwenang berencana untuk membuka kembali taman pada hari Minggu atau Senin.

Sebelumnya, polisi juga membubarkan sekelompok kecil demonstran yang menyemprotkan air satu sama lain di alun-alun, dalam bentuk protes pasif untuk mengolok-olok penggunaan berlimpah meriam air sepanjang protes anti-pemerintah. Polisi menggunakan perisai untuk mendorong para pengunjuk rasa dari Taksim. (Arby/KH)