Sebuah Masjid di Athena Nyaris Terbakar

Sebuah masjid di distrik Kallithea, Athena hampir terbakar oleh serangan sejumlah orang. Para pelakunya memecahkan kaca jendela di lantai bawah sebuah flat yang dijadikan masjid itu, dan melempar material yang menimbulkan kobaran api di dalam masjid.

Beruntung kobaran itu cepat diketahui, dan berhasil dipadamkan. Polisi setempat mengatakan, selain mencoba membakar masjid, pelaku serangan juga menggambar lambang Nazi–swastika–di kaca jendela masjid.

Insiden ini menibulkan kerusakan, tapi tidak ada korban jiwa. Polisi masih menyelidiki kasus ini dan mencari pelakunya.

Komunitas Muslim di Athena, Yunani kebanyakan berasal dari negara-negara Arab, Afrika dan India. Mereka menetap dan bekerja di Athena. Untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadah, komunitas Muslim ini menyewa flat atau gudang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan mushala atau masjid. Tempat-tempat ibadah itu, kerap menjadi target serangan kelompok anti-Muslim.

Komunitas Muslim ini belum bisa membangun masjid yang sesungguhnya, meski sudah mereka perjuangkan selama bertahun-tahun. Sementara pemerintahan Yunani hanya memberi janji untuk memfasilitasi kebutuhan masjid untuk warga Muslim di Athena. (ln/AFP)