Irak Umumkan Operasi Militer “Pembebasan” Ramadi Dimulai Hari Selasa Ini

tentara irak 1Eramuslim – Selasa 26 Mei 2015, Kementerian Pertahanan Irak mengumumkan memulai operasi pembebasan kota Ramadi yang telah dkuasai oleh pejuang Negara Islam sejak pertengahan bulan Mei lalu.

Dalam pernyataannya, Kepala Pasukan Gabungan Operasi Khusus Irak mengatakan, “Pembebasan kota Ramadi dari pejuang Negara Islam dimulai sejak hari Selasa ini, dengan partisipasi milisi Populer Syiah dan sejumlah pejuang suku.”

Kepala Pasukan Gabungan melanjutkan, “Kami tidak akan berfokus hanya di kota Ramadi, pasukan gabungan Irak akan terus melanjutkan operasi merea di kota Baiji, sebelah utara Tikrit.”

Senada dengan Kepala Pasukan Gabungan, seorang perwira Irak berpangkat brigadir menyatakan bahwa pembebasan kota Ramadi akan dilakukan melalui barat, selatan dan timur.

Brigadir yang tidak mau disebutkan namanya tersebut menambahkan, “Pasukan pemerintah dan milisi Syiah akan masuk ke kota Ramadi dari wilayah Alankur kemudian menuju Al-Tash disebelah selatan Ramadi.”

Menurutnya ini adalah startegi yang tepat untuk memotong semua jalur bantuan bagi pejuang Negara Islam, dan menyudutkannya kea rah Utara dan Timur Laut kota Ramadi. (Rassd/Ram)