Jaksa Agung Libya Perintahkan Penangkapan Pemberontak Mayjen Khalifa Haftar

haftar & SisiSeorang sumber pemerintahan Libya mengungkapkan bahwa Jaksa Agung Libya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi komandan pemberontak Mayjen Khalifa Haftar dan sejumlah pembantunya.

Dalam keterangannya kepada kantor berita al Jazeera, sumber yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan “selain haftar, surat penangkapan yang diterbitkan Jaksa Agung Libya pada Selasa (25/11) juga memerintahkan penangkapan komandan Saqr Jeroshi (Angkatan Udara Pemberontak Haftar) dan jubirnya Mohammed Hijazi.”

Selain itu, Jaksa Agung juga memerintahkan penyelidikan terhadap manta kepala parlemen Libya, Aqil Solaeh, dan kepala pemerintahan Libya sebelumnya, Abdullah al-Thani.

Mayjen Haftar menyatakan gerakan memberontak di Libya, setelah kalangan Islamis baik di pemerintahan maupun kelompok bersenjata menguasai sebagian besar Libya.

Haftar terinspirasi dari Abdel Fatah Sisi di Mesir, yang berhasil menggulingkan kelompok Islamis Ikhwanul Muslimin yang dipimpin Presiden Muhammad Mursi. (Rassd/Ram)