Fadli Zon: Ahok Itu Bapak Penggusuran Jakarta, Yang Memusuhi Rakyat Miskin

luar batangEramuslim.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melontarkan kritik pedas pada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait rencana penggusuran warga Luar Batang. Fadli menegaskan semestinya ada dialog antara Pemprov DKI Jakarta dan warga Luar Batang.
“Saya kira harusnya jangan menggusur rakyat miskin, yang harus digusur kemiskinannya, ini kecenderungan Pemda DKI mau menggusur rakyat,” tegas Fadli di Kampus UI Depok, Senin (2/5/2016).
Fadli menyesalkan penggusuran dilakukan tanpa dialog yang panjang. Ia membandingkan sikap Ahok dengan sikap Presiden Joko Widodo saat dulu menjadi Wali Kota Solo.
“Katanya dulu Pak Jokowi sampai 54 kali pertemuan di Solo itu. Masa ini cuma pertemuan beberapa kali main gusur saja. Saya kira Ahok ini tepat kalau dibilang bapak penggusuran Jakarta,” jelasnya.
Fadli menambahkan, banyak pula warga Luar Batang yang tidak memiliki rumah tinggal dengan status yang jelas selama ini. Namun semestinya, kata dia, pemerintah dapat lebih bersabar bernegosiasi.
“Ada sebagian yang memang menempati rumah-rumah yang tak jelas statusnya dipinjamkankah, disewakankah. Tak semua dapat rumah yang layak,” urai Fadli.
Kalau kita memang peduli bahkan pengungsi Suriah pun ditampung oleh negara-negara barat, masa ini rakyat sendiri mau digusur. Harus diatur sedemikian rupa, dan kalau memang belum bisa mencapai satu titik negosiasi harus sabar, jangan main gusur saja kerahkan aparat,” tukasnya.(ts/okzn)