free hit counters
 

Jejak Muslimah Brilian dalam Peradaban Eropa Modern

Ada juga Wallada (dikenal sebagai Valada oleh kaum Barat), merupakan seorang putri dari Dinasti Almohad. Dia memiliki daya tarik pribadi yang tidak kalah dengan bakatnya. Dia terkenal karena pengetahuannya tentang puisi dan retorika.

Percakapannya luar biasa karena ketelitian dan kecermatannya, dan dalam kontes akademis di Kordoba (ibu kota yang menarik minat orang-orang terpelajar dan fasih dari setiap kuartal Semenanjung Iberia), Ayesha tidak pernah gagal, baik dalam bentuk prosa atau komposisi puisi, untuk menjauhkan semua pesaing.

Al-Ghassania dan Safia, keduanya dari Seville, juga menjadi sorotan atas kejeniusan puitis dan oratorisnya. Kemudian keindahan dan kesempurnaan kaligrafinya, tidak dapat tertandingi. Dan iluminasi indah dari manuskrip-manuskripnya, membuat para seniman paling berbakat pada zaman itu, menjadi putus asa.

Lalu ada juga pencapaian sastra Miriam, putri berbakat dari al-Faisuli, yang terkenal di seluruh Andalusia. Miriam memiliki kecerdasan dalam mengkritik pedas dan menyindir tajam dari epigramnya yang bisa disebut juga tak tertandingi.

Umm al-Sa’d terkenal karena keakrabannya dengan tradisi muslim. Labana dari Kordoba benar-benar berpengalaman dalam ilmu eksakta, bakatnya setara dengan solusi dari masalah geometri dan aljabar yang paling kompleks, dan kenalannya yang luas dengan literatur umum membuatnya mendapatkan posisi penting, yakni sebagai sekretaris pribadi untuk khalifah al-Hakam II. (rol)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Muslimah Terbaru