Al Azhar Akan Buka Cabang Resmi di Irak

Eramuslim – Ikatan Alumni Al Azhar Internasional dikabarkan akan membuka cabang Al Azhar di Irak sebagai bagian dari da’wah untuk pelatihan imam dan penyebaran pemahaman agama Islam yang benar, serta melawan ideologi teroris dan ekstremis.

“Kami berencana mendirikan cabang Alumni Al Azhar Internasional di Irak untuk menyebarkan paham Al Azhar,” ujar wakil ketua Ikatan Alumni Al Azhar Internasional, Usama Yasin, kepada Al Masry Alyoum, setelah mengunjungi Irak beberapa waktu lalu.

Usama Yasin melanjutkan, “Ketua Badan Wakaf Islam Irak, Dr. Abdul Latif al-Hamim meminta saya dan Al Azhar untuk mendirikan cabang Alumni Al Azhar Internasional dalam rangka memperkuat hubungan antara kedua belah pihak.”

azhar-dan-badan-wakaf-islam-irak

Usama Yasin menjelaskan bahwa ada sejumlah prosedur yang harus diambil untuk membuat cabang Alumni Al Azhar Internasional seperti permintaan dan izin kepada Grand Sheikh Al Azhar, Dr. Ahmed Al-Tayeb, termasuk persetujuan dari pihak yang berwenang di Irak untuk memulai pembangunan organisasi cabang di Irak.

Setelah kedua izin ini didapat maka Dr. Ahmed Al-Tayeb akan mengadakan pertemuan dengan Dewan Masayeikh Al-Azhar untuk memulai prosedur pelaksanaan.

Dalam konteks terkait, kepala Universitas Al-Azhar Dr. Ibrahim al-Hadhad mengatakan bahwa pihaknya siap berkerjasama dengan Badan Wakaf Islam Irak, termasuk pemberian kursi khusus kepada Badan Wakaf Islam Irak untuk belajar di Mesir dan pembukaan cabang dari lulusan Al-Azhar. (Almasryalyoum/Ram)