Awas Sound Bite “Presiden 3 Periode”

Pak Harto Juga

Presiden Soeharto saja pernah berkali-kali menyatakan akan lengser keprabon meski konstitusi waktu itu tidak membatasi masa jabatan presiden.

Publik tentu masih ingat Pak Harto menjadi presiden priode keenam karena bujukan Menteri Penerangan Harmoko yang berperan sebagai Qorinnya. Dia yang membujuk Pak Harto agar lanjut lagi.

Usulan itu katanya atas permintaan seluruh rakyat Indonesia.

Mei 1998, Pak Harto lengser. Tepatnya dilengserkan, dan masih di awal jabatan periode ke-6  (1998 hingga 2003). Harmoko juga yang menjadi Ketua MPR-RI masa itu yang minta Pak Harto mundur. Dasarnya sama: karena    rakyat yang menghendaki.

Begitulah pernyataan politik. Disampaikan berdasar situasi dan dinamika di tengah masyarakat.

Kejadian waktu  Harmoko minta Pak Harto mundur karena Gedung Parlemen dikepung ribuan mahasiswa, sebagian bahkan menginap di atas atap kura-kura Gedung MPR -RI menuntut Pak Harto turun dari jabatan.

Qorin

Saya tiba-tiba saja teringat kisah Qorin  kalau menyebut nama Qodari. Eksistensi Qorin kebetulan jadi tema Kajian Subuh Ustaz DR Jazuli Suryadi, di Tenda Masjid At Tabayyun, Minggu (13/6) lalu.

Mengacu kepada literatur Islam, Qorin adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk kepada malaikat dan jin (golongan setan) yang mendampingi setiap manusia.

Istilah ini digunakan di dalam Al-Qur’an dan dikatakan bahwa  qorin  itu mengikuti manusia sejak lahir hingga hayat dikandung badan. Kedua makhluk itu dianggap sebagai “kembaran setiap manusia”.

Menurut keyakinan umat Muslim umumnya, jin qorin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat hal yang berlawanan dengan kenyataan yang ada.

Dia juga membisikkan rasa was-was, melalaikan salat, berat ketika hendak membaca Al-Quran dan sebagainya. Ia bekerja sekuat tenaga menghalangi dampingannya untuk setia pada amanah dan perduli kepada kesulitan masyarakat.

Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah mengutus malaikat qorin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak membuat kebaikan. Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa jin qorin yang mendampingi Nabi Muhammad telah memeluk Islam, sehingga Rasul selalu terjaga dari kesalahan.