Saudi Akan Bangun Pusat Hiburan Setara New York

Eramuslim – Media kenamaan Timur Tengah, Al Arabiya, memberi isyarat pemerintah Riyadh akan membangun pusat hiburan dan bioskop. Bahkan dalam planningnya, Arab Saudi dikabarkan akan membangunnya seperti yang ada di New York dan London.

Pengumuman dari media Saudi itu dimunculkan melalui cuitan Twitter pada hari Kamis (28/9) kemarin. ”Bioskop datang di Arab Saudi. Siap?,” tulis media tersebut via akun Twitter @AlArabiya_KSA.

Beberapa bioskop pernah buka di wilayah Kerajaan Arab Saudi pada tahun 1970-an. Namun, atas desakan kaum konservatif pihak berwenang menutupnya.

Isyarat diputarnya lagi hiburan bioskop menyusul keputusan mengejutkan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud yang mengizinkan kaum perempuan mengemudikan mobil. Keputusan Raja Salman ini menjadi sejarah karena sudah sekitar 25 tahun, kaum perempuan dilarang mengemudikan mobil.

Selain bioskop dan izin mengemudi, untuk pertama kalinya pula pemerintah Riyadh menunjuk seorang perempuan sebagai juru bicara Kedutaan Besar Saudi di Washington DC, Amerika Serikat.

Ketua Otoritas Hiburan Umum (GEA) Arab Saudi, Ahmed Al Khatib, dalam wawancaranya dengan Reuters bulan April lalu mengatakan bahwa kaum konservatif yang mengkritik reformasi secara bertahap menyadari bahwa kebanyakan orang Saudi, yang mayoritas berusia di bawah 30 tahun, menginginkan perubahan.

Perubahan tersebut juga dimaksudkan untuk meraup dana hingga seperempat dari total USD20 miliar yang saat ini digunakan warga Saudi di luar negeri untuk menikmati hiburan.

99% seperti London dan New York

Al Khatib mengatakan, tujuan perubahan itu termasuk menciptakan hiburan di Saudi yang 99 persen akan sama seperti di London dan New York. Namun, dia menyadari perubahan semacam itu tidak akan berlangsung cepat.

”Saya yakin kita memenangkan argumen,” katanya. Komunitas Saudi terdiri dari kaum liberal dan konservatif. Namun, menurut Khatib mayoritasnya adalah moderat.