Bin Salman Dijadwalkan Bertemu Pemimpin Yahudi AS

Eramuslim – Surat kabar Yahudi mengungkap rencana pertemuan Putera Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, dengan para pemimpin kelompok Yahudi Amerika Serika di kota New York.

Informasi ini pertama kali bocor ke publik diungkap oleh surat kabar Jewish Insider. Pertemuan kedua pihak akan membahas isu persaingan Iran-Saudi, proses damai Palestina serta pendekatan kerajaan terhadap anti-Semitisme.

Dalam konteks terkait, surat kabar berbahasa Ibrani Hareetz menyebut Pangeran Mohammed bin Salman dan ayahnya, Raja Salman Al Saud, juga telah menjadi tuan rumah sejumlah pemimpin Yahudi Amerika di Arab Saudi.

Bahkan surat kabar ini mengklaim bahwa Arab Saudi telah menyatakan dukungannya terhadap upaya Trump dalam perdamaian Palestina-Israel.

Selama berada di Amerika Serikat, Bin Salman telah bertemu dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih. Jared Kouchner, menantu Trump seklaigus penasihat utamanya, serta utusan khusus AS untuk proses perdamaian Timur Tengah, Jason Greenblatt, membahas rencana perdamaian yang sedang disiapkan. (Aljazeera/ram)