Boikot Turki, Zionis Israel Ajak Yunani, Siprus, Jordania, Suriah, dan Mesir

netanyahu + SisiEramuslim – Analisis kenamaan Zionis Israel mengungkapkan bahwa pertemuan Presiden kudeta Mesir Abdel Fattah El-Sisi, PM Yunani Menteri Yunani Alexis Tsipras, dan Presiden Siprus Nicos Onastasiades adalah langkah awal untuk membentuk aliansi baru 6 negara yang akan menyasar ekonomi dan bidang energ Turki.

Dalam tulisan Ya’kub Vertefater kepada situ I24 menjelaskan, “Pada akhirnya koalisi 6 Mesir, Zionis Israel, Suriah, Siprus, Yunani dan Yordania akan bersatu membentuk koalisi baru di Timur Tengah untuk menjatuhkan ekonomi Turki.

Ya’kub melanjutkan, “Pembentukan ini didasari oleh ketegangan antara negara-negara ini dengan Turki, setelah Partai Keadilan dan Pembangunan pimpinan Erdogan kembali memenagi pemilu parlemen yang digelar pada bulan November kemarin.”

“Mesir, Siprus, dan Zionis Israel telah menemukan 5 ladang minyak baru dalam krun waktu 6 tahun terakhir di Laut Mediterania timur. Ini dapat memberi tekanan kepada Turki setelah Rusia memutuskan menghentikan pembangunan jalur pipa gas ke Ankara, pasca penembakan SU-24 pada akhir November kemarin,” ujar Ya’kub.

Menurutnya ini terjadi lantaran memburuknya hubungan Siprus dan Yunani dengan pemerintah Turki dalam beberapa tahun terakhir.

Perlu diketahui bahwa dalam kunjungan PM Yunani Alexis Tsipras ke kota Al Quds baru-baru menyatakan dengan tegas bahwa Yunani, Siprus, dan Zionis Israel berencana akan menggelar pertemuan puncak 3 negara pada bulan Desember atau Januari mendatang. (Shorouk/Ram)