Buntut Panjang Referendum Uni Eropa, Warga London Ingin Merdeka Dari Inggris

LondonEramuslim – Pasca pengumuman hasil referendum Uni Eropa pada Jum’at (24/06) pagi waktu Inggris, ribuan warga Inggris di ibukota London menandatangani petisi menuntut Walikota London untuk memisahkan diri dari Inggris dan mengumumkan London sebeagai sebuah negara merdeka.

Petisi ini dilakukan warga London tidak lama setelah pengumuman Komisi Pemilihan hasil referendum Uni Eropa yang dimenangkan oleh kubu pendukung keluar dari Uni Eropa sebanyak 51,9% pemilih Inggris (setara dengan 17,4 juta orang), dibandingkan dengan 48,1% (16,1 juta) pemilih yang menyatakan dukungan mereka untuk tetap menjadi anggota Uni Eropa.

“Hasil petisi sementara menunjukan bahwa kampanye ini menarik banyak perhatian orang dan mengungkapkan keinginan mereka untuk tetap menjadikan London sebagai kota di dunia,” ujar aktivis pemilik ide ini, James Oomelli, seperti dilansir Anatolia.

Perlu diketahui bahwa hingga pukul 15:00 waktu GMT, jumlah warga yang ikut menandatangani petisi ini secara online mencapai angka 27 ribu orang, dan menuntut walikota London, Khan, nantinya menjadi presiden negara London.

Laporan Komisi Pemilihan Inggris menunjukan bahwa 60% pendukung agar Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa berasal dari warga London. (Anatolia/Ram)