free hit counters
 

China dan India di Ambang Perang, Rusia Mengaku Khawatir

Redaksi – Kamis, 11 Syawwal 1441 H / 4 Juni 2020 09:30 WIB

Eramuslim.com – Rusia pada Senin (2/6/2020) memecah kesunyiannya dengan menyuarakan kekhawatirannya atas situasi militer China dan India yang di ambang perang di Ladakh. Namun, Moskow percaya dua raksasa Asia tersebut akan menyelesaikan masalah dengan damai.

Kekhawatiran Moskow itu disampaikan Wakil Kepala Misi Rusia (DCM) di Delhi, Roman Babushkin. “Tentu saja, kami khawatir dengan situasi saat ini di Line of Actual Control (LAC),” katanya.

“Namun, seperti yang kita ketahui, ada mekanisme khusus khusus yang dikembangkan oleh kedua negara (India dan Cina) termasuk hotline dan dialog perwakilan khusus dan bahkan KTT informal. Kami yakin bahwa teman-teman India dan China telah diperlengkapi untuk menemukan jalan keluar untuk kepuasan bersama. Kami akan mendorong setiap upaya dalam hal ini,” ujarnya, seperti dikutip Deccan Chronicle, Selasa (2/6/2020).

Rusia telah menjadi teman India yang telah teruji oleh waktu dan menjadi pemasok utama peralatan pertahanan New Delhi selama beberapa dekade.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Moskow terkesan jengkel dengan kedekatan strategis India dengan Amerika Serikat (AS) yang semakin berkembang. Namun, Pemerintah India telah melakukan segala upaya untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan Rusia dan Moskow tetap menjadi teman dekat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru