free hit counters
 

Di Jepang Ada Menteri Kesepian, Apa Tugasnya?

Redaksi – Rabu, 11 Rajab 1442 H / 24 Februari 2021 17:45 WIB

Eramuslim.com – Pandemi Covid-19 masih melanda dunia dan membawa dampak negatif, baik di rumah tangga maupuan skala nasional. Banyak manusia yang mengalami depresi gara-gara menjalani aktivitas dalam kondisi terisolasi. Tak sedikit yang kesehatannya menurun akibat kesehatan mental yang lebih dulu menurun. Tak terkecuali warga Jepang yang selama ini memiliki jumlah kasus depresi dan bunuh diri cukup tinggi.

Jepang mengakui kesepian sebagai masalah pelik bagi warganya. Pemerintah meyakini masalah ini berkorelasi dengan kasus bunuh diri yang meningkat sepanjang 2020 lalu. Menanggapi masalah ini, Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, meluncurkan pos kabinet untuk mengurangi kerusakan isolasi sosial serta menunjuk Tetsushi Sakamoto sebagai Menteri Kesepian. Hal itu dilakukan untuk mengatasi isu kesehatan mental di Jepang.

Tugas-Tugas Menteri Kesepian

Sakamoto secara khusus diminta untuk membantu dan mengatasi masalah kesepian kronis akibat isolasi yang dijalani sebagian masyarakat Jepang selama pandemi.

“Wanita, khususnya merasa lebih terisolasi dan dihadapkan dengan peningkatan angka bunuh diri,” ujar Suga, seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (20/2/2021).

Suga meminta Sakamoto untuk memeriksa masalah tersebut dan mangajukan beberapa strategi yang komprehensif. Pada 2020, Jepang mencatat sebanyak 2.153 kematian yang diakibatkan bunuh diri, sedangkan angka kematian akibat Covid-19 mencapai 2.087 kasus.



Pada konferensi pers, Sakamoto mengatakan dia berharap bisa “menjalankan aktivitas-aktivitas untuk mencegah kesepian dan isolasi sosial serta untuk melindungi hubungan antarmanusia.”

Tak hanya itu, Sakamoto juga mengatakan bahwa dia kemungkinan akan berkoordinasi dengan kementerian kesehatan terkait pencegahan bunuh diri dan kementerian pertanian di bank makanan.

“Kami akan mengerjakan dengan pendekatan komprehensif untuk menangani masalah bunuh diri ini,” kata Sakamoto.

Selain menjadi Menteri Kesepian, Sakamoto juga berperan dalam mempraktikkan kebijakan di Sekretariat Kabinet.[merdeka]

Berita Terbaru