Diam-Diam Amerika Kirim 4 Ribu Personel Tambahan Ke Irak

militer-as-1Eramuslim – Jauh dari pemberitaan media-media Barat, seorang sumber militer di provinsi Anbar mengungkapkan kedatangan sekitar empat ribu tentara AS di pangkalan dasar Ein al-Asad di kota Baghdadi, sebelah barat provinsi Anbar, dalam beberapa pekan terakhir.

“Kedatangan ribuan tentara militer AS dimulai pada pekan-pekan terakhir bulan Desember 2016 dan awal tahun 2017. Dan dalam beberapa waktu dekat akan datang ribuan tentara lainnya,” ujar sumber yang minta dirahasiakan identitasnya.

Sumber menjelaskan bahwa tentara AS akan disebar di pangkalan dasar Ein al-Asad dan pangkalan al-Taqadum di kota Habbaniyah dekat dengan Fallujah, serta pangkalan Spyker di provinsi Salahuddin, tanpa mau menjelaskan alasan sebenarnya kedatangan ribuan tentara AS.

Menurut catatan resmi Departemen Pertahanan AS mengkonfirmasi bahwa sekitar 5 ribu lebih tentaranya kini bertugas untuk membantu tentara pemerintah Baghdad dalam perang melawan mujahidin Irak.

Jumlah ini belum termasuk sejumlah pasukan elit AS dan kedatangan ribuan personel pasukan pada akhir 2016 dan awal tahun 2017 kemarin.

Selain bertugas sebagai pelatih dan penasehat militer, tentara AS juga dilaporkan terlibat langsung dalam perang perebutan kota Mosul, seperti dilansir sumber Al Jazeera. (Sputnikarabic/Ram)