100 Hari Agresi Zionis ke Gaza, Pakar Militer: Misi Tak Tercapai

Pakar militer dan strategis Timur Tengah Mayor Jenderal (Purn) Fayez al-Duwairi mengatakan bahwa tentara pendudukan Israel, setelah 100 hari perang di Jalur Gaza, belum mencapai tujuan militernya.

Penjajah, menurut Fayez juga belum mencapai minimum dari mereka, mencatat bahwa kedua belah pihak masih memiliki kemampuan untuk melanjutkan pertempuran.

Dikutrip Al Jazeera, Al-Duwairi menjelaskan bahwa hasil pertempuran diukur dengan sejauh mana mereka mencapai tujuan militer yang mereka nyatakan, dan apa yang diumumkan tentara pendudukan bahwa mereka bertujuan dari perangnya di Jalur Gaza, menghilangkan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), menghancurkan kemampuan tempurnya dan memulihkan sandera, yang belum tercapai.

Dia menambahkan dalam konteks ini, Hamas masih terorganisir, dan kemampuan militernya masih ada, dan setelah 100 hari agresi dan kehancuran, tentara pendudukan tidak dapat menyelamatkan tahanannya kecuali melalui negosiasi, sementara beberapa dari mereka terbunuh, baik dengan penembakan atau penargetan langsung.

Dia menunjukkan bahwa penjajah ‘Israel’, yang memulai serangan darat pada tanggal 27 Oktober 2023, 20 hari setelah dimulainya perang, awalnya memobilisasi 3 tim untuk menangani sektor utara, dan memulai dengan dua upaya utama, dan yang lainnya sekunder.

Dia menambahkan bahwa awalnya adalah serangan terhadap Jalan Al-Rashid dan memperkuatnya dengan dua serangan pendukung, yang pertama: ke arah Beit Lahiya, dan yang kedua: ke arah Beit Hanoun, sedangkan upaya utama kedua adalah masuk dari Wadi Gaza, yang memisahkan utara dan selatan.

Tahap Pertama

Pada tahap pertama, yang mendahului gencatan senjata kemanusiaan, tentara pendudukan mampu – menurut Al-Duwairi – untuk masuk dari Jalan Gaza dan mencapai Jalan Al-Rashid dan berbelok ke arah daerah Sheikh Ajlin, Tal Al-Hawa dan Al-Rimal, dan akhirnya mencapai area kompleks rumah sakit, dan mencapai Rumah Sakit Al-Shifa.

Dia menjelaskan bahwa fitur yang paling menonjol dari pertempuran utara sebelum gencatan senjata adalah bahwa kerugian penjajah yang besar. Bahwa mereka terjadi di daerah pemukiman, sementara pertempuran selatan setelah gencatan senjata lebih intens, momentum dan lebih luas, karena pendudukan mendorong kekuatan baru, tetapi juga bertabrakan dengan realitas pertempuran baru.

Mengenai senjata paling menonjol yang digunakan oleh pasukan penjajah vs perlawanan dalam perang, Al-Duwairi merujuk pada tank Merkava dengan generasi ketiga dan keempatnya.

Menurutnya, tentara penjajah sangat terkejut dengan kemampuan pasukan perlawanan untuk menargetkannya dan menghancurkan lusinan kendaraan dan anggota IDF.

Penjajah juga terkejut dengan kemampuan perlawanan untuk menghancurkan pengangkut personel lapis baja, yang dikenal karena benteng mereka, dan yang terbaru dari operasi ini adalah apa yang terjadi pada hari Sabtu di daerah Khan Yunis, di mana salah satu klip Brigade Qassam – sayap bersenjata Hamas – menunjukkan penghancuran salah satu tanker tersebut.

Al-Duwairi menunjukkan bahwa di antara senjata yang paling menonjol yang digunakan oleh Brigade Qassam selama agresi “Israel’ adalah Roket Al-Yassin 105 dan “Tandom”, yang diambil dengan rekayasa balik dari senjata Rusia yang terkenal “RPG”, dan ditandai dengan pengisian tandem, yang pertama menembus pelat, dan yang kedua mengenai target.

Sejauh mana kedua belah pihak dapat melanjutkan pertempuran? Pakar militer ini percaya bahwa tentara penjajah memiliki kemampuan untuk melanjutkan karena dukungan Barat yang berkelanjutan.

Sementara kinerja perlawanan Palestina di lapangan menegaskan bahwa ia masih memiliki kemampuan untuk melanjutkan dan mengelola pertempuran secara efektif. (sumber: Hidayatullah)

Beri Komentar