Akhir Tahun, PBB Akan Pulangkan Pengungsi Afghanistan

Komisi Tinggi PBB Urusan Pengungsi-UNHCR akan memulangkan sekitar 400. 000 pengungsi Afghanistan yang selama ini mengungsi di negara-negara tetangga antara lain di Iran dan Pakistan.

Pernyataan UNHCR menyebutkan bahwa 40 persen dari jumlah pengungsi Afghanistan yang akan dipulangkan, adalah pengungsi Aghanistan yang berada di Iran dan Pakistan. Pemulangan akan dilakukan pada akhir tahun 2007 mendatang ke provinsi-provinsi di Afghanistan yang relatif aman.

Menurut Kepala UNHCR Afghanistan Salvatore Lombardo, pemulangan para pengungsi itu dikarena desakan dari otoritas negara Pakistan dan Iran. Saat ini, diperkirakan ada lebih dari tiga juta pengungsi Afghanistan di Pakistan dan sekitar 910. 000 pengungsi Afghan lainnya tinggal di Iran.

Menurut para pejabat di UNHCR, jumlah pasti pengungsi Afghan di kedua negara tersebut diduga lebih besar dari perkiraan itu, karena para pengungsi Afghan tidak mendaftarkan dirinya ke negara yang mereka tuju.

Situasi keamanan Afghanistan yang terus memburuk, memaksa warganya untuk hijrah ke negara lain. Dari data UNHCR diketahui, tahun ini saja sekitar 15. 000 keluarga meninggalkan rumahnya di Kandahar, Uruzgan dan Helmand. (ln/arabworldnews)