Al Quran Ini Ditulis di Atas Kertas Emas

Eramuslim – DITEMUKAN sebuah kitab suci Alquran peninggalan Dinasti Timurid (Timuriyah) yang ditulis di kertas berlapis emas. Alquran ini menggunakan material kertas yang dilaporkan berasal dari China.

Mengutip dari The Islamic Information, Rabu (17/6/2020), hal tersebut bisa terjadi berkat hubungan kerja sama Dinasti Timurid dengan Dinasti Ming sekira abad ke-15.

Dalam kerja sama tersebut biasanya kedua belah pihak membawa sejumlah barang untuk dipertukarkan, di antaranya kertas berharga berlapis emas, kain sutra, dan tembikar.

Meskipun telah digunakan selama berabad-abad lalu, kertas emas asal China yang tertulis ayat-ayat Alquran tersebut masih terlihat sangat indah dan memiliki warna cerah.

Kemudian dalam Alquran ini juga terdapat halaman-halaman yang berwarna biru, hijau, merah, oranye, dan ungu. Hal ini terjadi karena ketika itu penggunaan kertas berwarna dalam penulisan naskah sedang banyak digunakan dalam dunia Islam.

Mereka juga mempertahankan tekstur sutera dan penggunaan teknik kertas dengan timah putih.

Alquran emas ini dilaporkan akan dilelang di London pada 25 Juni 2020. Harga yang ditawarkan sekira USD800 ribu hingga USD1,2 juta.

Mengutip dari Wikipedia, Timurid atau Timuriyah adalah dinasti Islam Sunni di Asia Tengah yang meliputi seluruh Asia Tengah, Iran, Afganistan, Pakistan, dan sebagian India serta Mesopotamia.

Kekaisaran ini didirikan oleh penakluk legendaris Timur Lenk pada abad ke-14.

Asal mula Dinasti Timurid kembali ke konfederasi nomaden Mongolia yang dikenal sebagai Barlas, dan merupakan sisa-sisa tentara Mongol milik Jenghis Khan.