Alan Henning Asal Inggris , Sandera Berikutnya akan Dieksekusi Bila Inggris Terus Terlibat Bantu Serangan AS

alanMilisi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS)  telah merilis sebuah video pada hari Sabtu yang  menunjukkan pemenggalan pekerja bantuan asal Inggris David Haines.

Haines, seorang berusia 44 tahun asal  Skotlandia, diculik tahun lalu saat bekerja untuk Badan Kerjasama Teknis dan Pembangunan (ACTED) sebuah organisasi LSM asal  Prancis.

Video berjudul, “Pesan kepada Sekutu Amerika,” dibuka dengan penampilan Perdana Menteri Inggris David Cameron berbicara tentang bantuannya terhadap  pemerintah Irak dan  pasukan Peshmerga Kurdi untuk mengalahkan ISIS.

“Orang Inggris ini harus membayar harga untuk janji Anda, Cameron, untuk mempersenjatai Peshmerga untuk hadapi  Negara Islam [IS],” kata seorang pria bertopeng berpakaian hitam dengan aksen Inggris, berdiri di samping Haines yang  mengenakan pakaian oranye.

Video kemudian menunjukkan pemenggalan kepala sandera tersebut.

Pada akhir video, pria bertopeng memperingatkan bahwa sandera lain, diidentifikasi sebagai Alan Henning, diduga warga negara Inggris, akan dibunuh jika Cameron terus mendukung perang melawan IS.

Kami akan melakukan segalanya ” ujar Cameron mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan ia akan membawa pembunuh ke pengadilan.

“Ini adalah pembunuhan keji dan mengerikan dari seorang pekerja bantuan yang tidak bersalah. Ini adalah tindakan kejahatan murni. Hati saya belasungkawa  untuk keluarga David Haines yang telah menunjukkan keberanian luar biasa dan ketabahan atas seluruh cobaan ini, “katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Downing Street.

“Kami akan melakukan segalanya dalam kekuasaan kami untuk memburu pembunuh ini dan memastikan mereka menghadapi pengadilan, namun butuh  waktu yang lama yang diperlukan .”

Presiden AS Barack Obama sangat mengutuk “pembunuhan barbar” atas Haines dan berjanji untuk bekerja dengan negara lain untuk “menghancurkan ancaman ini yang diarahkan kepada  kami, dan dunia.”

“Amerika Serikat berdiri bahu-membahu malam ini  dalam kesedihan dan akan menyelesaikan,” kata Obama dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan bekerja dengan Inggris dan koalisi yang luas dari negara-negara dari kawasan dan di seluruh dunia untuk membawa para pelaku tindakan yang keterlaluan ini ke pengadilan.”

Dalam video tersebut, Haines juga berbicara, mengatakan Cameron bertanggung jawab atas eksekusinya . “Anda terlibat secara sukarela ke dalam koalisi dengan Amerika Serikat melawan Negara Islam, seperti pendahulu Anda, Tony Blair lakukan,” katanya.

“Mengikuti tren di semua  perdana menteri Inggris kami yang tidak bisa berani untuk mengatakan tidak kepada Amerika. Sayangnya, itu adalah kita, masyarakat  Inggris, yang akan pada akhirnya membayar harga untuk keputusan egois Parlemen kami. ” tambahnya.

Eksekutor   tampaknya orang yang sama  di video eksekusi  Foley dan Sotloff, dan di wilayah gurun yang sama. Dalam kedua video, para tawanan mengenakan jumpsuits oranye. (Arby/Dz)