AS Siap Ambil Tindakan atas Perlawanan IS

Defense Secretary Hagel and Joint Chiefs Chairman Gen. Dempsey hold a press briefing at the PentagonGedung Putih mengatakan siap untuk “mengambil tindakan” terhadap setiap ancaman terhadap Amerika , pernyataan ini terkait dengan rencana  serangan militer AS terhadap  Islamic State di Suriah.

Pentagon telah memperingatkan bahaya dari Islamic State ,  operasi terhadap IS  di Suriah mungkin diperlukan, setelah berminggu-minggu serangan udara AS telah memperlambat kemajuan kelompok tersebut di Irak .

Gedung Putih juga mengatakan pada Jumat malam bahwa serangan udara di Suriah mungkin diperlukan. Wakil penasehat keamanan nasional Ben Rhodes setuju bahwa “strategi apapun untuk menghadapi organisasi ISIS harus berurusan dengan kedua sisi perbatasan, Irak dan Suriah.”

“Jika kita lihat mereka berkomplot melawan Amerika, dan kita melihat ada ancaman ke AS yang berasal dari mana saja, kami siap untuk mengambil tindakan terhadap ancaman itu,” tambah Rhodes.

“Kami telah membuat waktu yang sangat jelas dan  jika Anda datangi Amerika, kita akan datang setelah Anda di manapun Anda berada, dan itulah yang akan memandu perencanaan kami di masa yang akan datang.”

Seorang pejabat militer AS juga mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa AS akan menyerang pada apa yang disebut “target bernilai tinggi ,” seperti pemimpin kelompok tersebut , waktu operasi bisa berdurasi dalam  “satu jam, atau  bisa seminggu.”

Mujahidin IS bertempur dengan militer rezim Assad di Kota Raqqa

Sementara itu, setidaknya 24 mujahidin  IS telah gugur  dan 150 terluka dalam bentrokan dengan tentara rezim Suriah untuk memperebutkan sebuah pangkalan udara di provinsi Raqa, sebuah kelompok pemantau mengatakan pada hari Sabtu.

Bentrokan terjadi saat IS untuk ekspansi wilayah untuk  Tabqa, benteng terakhir rezim pemerintah Assad di provinsi utara.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, serangan itu dimulai semalam ketika seorang lakukan pemboman  di pintu masuk ke markas , mendorong bentrokan yang menewaskan 14 pejuang IS.

Kedua belah pihak saling luncurkan roket, artileri dan senjata api  berat, dan militer Assad mengerahkan  serangan udara terhadap para jihadis yang menyerang, kata kelompok yang berbasis di Inggris.

Serangan udara terus berlangsung hingga  pagi hari, dengan delapan serangan terhadap kota Tabqa yang menewaskan 13 orang, di antaranya 10 pejuang IS. (Arby/Dz)