AS Lanjutkan Serangan Udara ke Posisi IS di Mosul dan Arbil, Irak Utara

f 18Militer Amerika Serikat pada hari Minggu kembali lakukan serangan udara dengan  drone untuk menyerang sasaran IS di Irak utara .

“Pasukan militer AS terus menyerang posisi IS , aksi yang dilakukan untuk mendukung operasi pasukan keamanan Irak, menggunakan serangan jarak jauh dengan Drone – dikemudikan untuk melakukan dua serangan udara di sekitar Kota Arbil dan bendungan Mosul ,” sebuah pernyataan dari  Centcom Florida, AS .

“Satu serangan telah menghancurkan sebuah Humvee di  dekat Mosul Dam dan serangan lain  menghancurkan sebuah kendaraan bersenjata IS  dekat kota  Arbil. Semua pesawat keluar dari wilayah tersebut dengan aman , “katanya.

Pasukan AS bertindak “di bawah kewenangan untuk mendukung pasukan keamanan dan kekuatan operasi pertahanan Kurdi Irak, serta untuk melindungi infrastruktur penting, personil dan fasilitas AS, dan mendukung upaya kemanusiaan,” tambahnya.

Irak sedang berupaya untuk mendapatkan kembali kota kota penting dari negara itu dari IS .

Para pejuang IS telah dibombardir sejak 8 Agustus oleh serangan udara AS di Irak utara, yang memungkinkan pasukan keamanan Kurdi Peshmerga masuk  kembali ke  wilayah yang hilang, termasuk daerah Qaraj, yang mereka rebut kembali pada hari Minggu atas jasa serangan udara AS.

Atas bantuan serangan udara AS, Pasukan keamanan Irak juga pada hari Minggu dapat memukul mundur Mujahidin IS dari kilang minyak terbesar Baiji, ujar  seorang polisi negara dan saksi mengatakan.

Sejak 8 Agustus lalu , Komando Sentral AS telah melakukan total 96 serangan udara di Irak. (Arby/Dz)