Beredar, Rekaman Eksekusi Saddam Husen Terbaru

Sejumlah situs saat ini tengah diramaikan oleh rekaman video versi baru penggantungan Saddam Husen, di mana dalam rekaman itu eksekusi dibarengi teriakan slogan-slogan rasialis, yang sebagian dari mereka berteriak sambil memangku Munqiz Ali Firaun, jaksa penuntut umum kasus Saddam yang juga ikut berteriak.

Proses vonis gantung sendiri dilakukan dekat sekretariat dewan kementerian, di mana sesaat setelah dieksekusi Saddam langsung diangkut mobil ambulans, dan tampak dalam rekaman ponsel terbaru itu para pengawal berseragam militer dan sebagian lagi berpakaian sipil sembari menenteng senjata api dan meneriakkan slogan rasialis.

Tampak pula jaksa penuntut umum dalam kasus Saddam, Munqiz Alu Firaun.Ia bertugas mengawasi pemindahan jasad Saddam dari pusat intelejen militer di Komplek Al-Kadhimiyyah, utara Baghdad-lokasi eksekusi-ke Zona Hijau tempat kabilah Saddam menantikan jasad mantan orang nomor satu di Irak itu.

Dalam rekaman itu Alu Firaun tampak ikut meneriakkan slogan rasialis bersama dengan puluhan demonstran lainnya yang memangku jaksa penuntut umum itu di atas pundak mereka sambil mengatakan "Hidup! Syiah Haidar", tepat sebelum mereka melalui gedung kepresidenan.

Selain itu, kamera hasil jepreten ponsel itu memperlihatkan jasad Saddam yang diangkut ke mobil ambulans satu jam setelah digantung. Mayat mantan orang nomor satu Irak itu kelihatan ditutupi kain kafan putih, dan salah seorang demonstran dengan sigap membuka kain kafan yang menutupi muka Saddam sementara rekan-rekannya meneriakkan kata-kata sumpah serapah.(ilyas/alrb)