Bush Masih Yakin, AS Menang di Irak

Bush menolak pernyataan pemimpin Demokrat dalam Kongres yang menegaskan bahwa AS mengalami kerugian perang di Irak. Menurut Bush, ia bagaimanapun tetap optimis dan rangkaian peledakan yang terjadi, yang memakan korban pasukan AS di Irak tidak akan melemahkan keyakinannya itu.

Bush mengatakan bahwa pertumpahan darah yang terjadi di Irak, seperti yang terjadi hari Rabu kemarin, tak mengendurkan optimismenya dangan hasil peperangan AS.

Bush membantah pernyataan rival politiknya Harry Raid-pimpinan partai Demokrat yang kini mendominasi Kongres AS- yang dengan berani mengkritik pilihan politik Bush di Irak.

Raid mengatakan, bahwa perang Irak itu merugikan dan pasukan tambahan AS yang telah diutus ke sana tidak akan berhasil membawa misi perdamaian di Irak. Bahkan Raid mengatakan, “Kesempatan yang ada tidak membuka kemungkinan lagi untuk AS menang secara militer. Tapi memang masih ada kemungkinan untuk menang secara diplomatik, ekonomi maupun politik. ”

Para pengamat menganggap pernyataan Raid mewakili merosotnya mental pasukan AS yang ditugaskan di Irak. Dan pada tahun lalu, Kongres AS juga sudah mendiskusikan peraturan untuk menarik mundur pasukan AS dari Irak.

Menjawab kritikan yang juga disampaikan oleh publik AS, Bush malah mengatakan, “Saya tidak akan meminta keluarga pasukan AS untuk mau mengirim anggota keluarganya bertugas di sana, bila saya sendiri tidak terlalu yakin dan bahwa itu bukan masalah mendesak yang harus segera dilakukan. Saya yakin ini akan menuai keberhasilan. ” (na-str/bbc, albwb)