Bush Tuding Iran Berpotensi Picu Perang Dunia III

Presiden AS George W. Bush lagi-lagi melontarkan pernyataan-pernyataan provokatifnya tentang nuklir Iran. Ia mengatakan, Iran harus dilarang memiliki senjata nuklir, karena jika Iran memiliki senjata nuklir akan menimbulkan “ancaman yang berbahaya” bagi perdamaian dunia.

Bush dengan retorikanya bahkan mengatakan, kemampuan yang begitu cepat dalam membuat senjata nuklir, bisa memicu perang dunia ketiga. Apalagi pemimpin di Iran, kata Bush, telah mengumumkan bahwa ia ingin menghancurkan Israel.

“Oleh sebab itu saya katakana pada masyarakat dunia, jika Anda ingin menghidari Perang Dunia III, sepertinya Anda harus mencegah mereka memiliki pengetahuan yang penting tentang bagaimana membuat senjata nuklir, ” tukas Bush.

Pernyataan Bush itu sebagai reaksi atas pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang baru-baru ini berkunjung ke Teheran. Dalam kunjungan tersebut, Putin mengatakan bahwa ia tidak melihat bukti bahwa Iran sedang membuat senjata nuklir.

Bush meminta Putin mengklarifikasi pernyataannya itu. “Karena, ketika saya mengunjunginya (Putin), ia mengatakan bahwa ia memahami kepentingan dunia untuk memastikan bahwa Iran tidak boleh memiliki kemampuan untuk membuat senjata nuklir, ” ujar Bush.

Sementara itu, Hillary Mann, mantan pejabat Gedung Putih urusan Timur Tengah, menilai pernyataan Bush itu sebagai pertanda bahwa rejim Bush telah meningkatkan level retorikanya terhadap Iran.

Menurut Mann, definisi baru dari ancaman dan pengetahuan tentang nuklir yang dilontarkan Bush tentang nuklir Iran, terkait dengan kepentingan dan posisi sekutunya Israel. (ln/aljz)