Daulah Islam Mulai Serang Kuil Syiah di Samarra

samaraDaulah Islam  menembakkan mortir di salah satu situs paling suci anggapan  Syi’ah pada hari kemarin. Daulah Islam  mengambil alih sebagian besar bagian utara Irak dan barat, mulai menyerang kuil Syiah Samarra, salah satu Kuil besar  Syi’ah. IS melemparkan tiga mortir di kuil, dan meledak  di dekat gerbang kompleks dan melukai sembilan orang.

Kuil  Al-Askari  berisi makam dari dua Imam Syiah , membuat lokasi itu sebagai  ziarah utama dan salah satu situs yang paling signifikan  bagi Syiah di seluruh dunia.

Daulah Islam  percaya kuil tersebut  bertentangan dengan Islam dan harus dihancurkan dan merupakan praktek kesyirikan – IS memberlakukan syariah Islam  di setiap daerah yang mereka kuasai di Suriah dan Irak.

Para pejabat Amerika telah mengatakan bahwa IS berniat  untuk menghancurkan kuil Syiah ini  , sebagai simbol pertempuran  di Samarra.

“Jelas, semua orang mengerti bahwa Samarra adalah batas penting,” kata Menteri Luar Negeri John Kerry pada konferensi pers baru-baru ini di Baghdad.

Pada saat yang sama, Iran,  ikut aktif berpartisipasi dalam  milisi Irak sejak Januari tahun ini untuk “melindungi tempat-tempat suci” di Irak setelah mereka melakukan hal yang sama di Suriah. (JL/KH)