Dicurigai Antek Gaddafi, 3 Anggota Majelis Libya Ditangguhkan

Dicurigai Antek Gaddafi, 3 Anggota Majelis Libya Ditangguhkan

Tiga anggota baru terpilih untuk Kongres Umum Nasional Libya telah ditangguhkan karena diduga memiliki hubungan dengan rezim diktator dibunuh Muammar Gaddafi.

Omar al-Hassabi, juru bicara komite tinggi untuk Transparansi dan Nasionalisme, mengumumkan penangguhan Anfish Abdel Moneim, Salma Akheil, dan Ibrahim Adah dari Obari, Reuters melaporkan pada hari Rabu kemarin (29/8).

“Kami menemukan tiga wakil kemungkinan anggota Pengawal Revolusi Gaddafi atau terlibat dalam kegiatan kejahatan anti-revolusioner. Untuk alasan ini, kami menyarankan kongres nasional, menangguhkan keanggotaan mereka pada Rabu pagi,” kata juru bicara organisasi investigasi, menambahkan bahwa ketiga orang itu dapat mengajukan banding atas skorsing mereka selama 10 hari.

Libya memilih 200-kursi legislatif pada tanggal 7 Juli lalu. Majelis ini bertugas menunjuk pemerintah sementara yang baru, yang akan memerintah sampai pemilihan parlemen baru setelah penyusunan konstitusi baru.

Libya bangkit melawan Gaddafi pada bulan Februari 2011 dan memecatnya pada bulan Agustus 2011. Dia memerintah selama lebih dari empat dekade tanpa dewan legislatif.(fq/prtv)